Senin, 07 Maret 2011

BUDAYA

Oleh: Arif Kurniawan
A310070137
PBSID/UMS


Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan dapat berwujud benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Budaya dapat berwujud apapun, seperti halnya seni. Karya seni dapat dijadikan sebagai ciri khas atau suatu daerah tertentu. Karya seni dapat juga dijadikan sebagai bentuk imajinasi dan ekspresi seorang seniman karena seni merupakan identik dengan kreasi dan karakter seseorang. Seperti pada pagelaran seni selama 24 jam menari di solo merupakan suatu ajang atau kesempatan bagi para seniman untuk membuktikan kepada semua orang bahkan kepada dunia bahwa karya seni adalah suatu bentuk keindahan.
Dimana dalam upaya untuk memperingati Hari Seni Tari sedunia (Word Dance Day) yang dielar di Institut Seni Indonesia (ISI), telah mengundang antusiasme rubuan prnonton untuk mrnyaksikan pagelaran seni tari tersebut, selain itu juga mengundang peserta dari berbagai kota termasuk di luar jawa. Ribuan penonton berjubel disetiap lokasi yang digunakan
untuk sebagai ajang pentas. Bahkan terjadi kemacetan laulintas karena jalan dipadati oleh kendaraan bermotor yang sedang parkir.
Perhelatan pagelaran seni ini didukung oleh mahasiswa dan kelompok seni yamg mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat mendukung jalanya pergelaran seni tersebut. Selain itu kelompok seni yang ada di daera h sekitarnya juga dapat ikut serta dalam menyemarakkan Hari Seni Tari sedunia (Word Dance Day).
Festival Hari Seni Tari sedunia (Word Dance Day) ini adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kita masyarakat Indonesia. Kita sebagai mehasiswa marilah kita junjung tinggi, kita lindungi, kita jaga, dan kita lestarikan nilai-nilai budaya bangsa kita tercinta ini yaitu bangsa Indonesia (8/5/2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar